Air, Payung, Berenang

Nyaris setengah tahun saya di wisuda dan menjadi sarjana. Apa yang saya pelajari 4 tahun di kelas memang tidak ada apa-apanya, just like everybody said. Bukannya tidak berguna, mungkin belum digunakan semestinya. Kalau hidup adalah air, maka ilmu yang saya dapat saat di bangku kuliah adalah payung. Bukan berarti cukup dengan payung, tapi at least it will protect me. Namun, seperti payung yang ada di rumah saat musim kemarau. Apakah payung itu tidak berguna? Tentu berguna, tapi belum saatnya digunakan. Begitulah ilmu perkuliahan bagi sarjana baru seperti saya.

Terjun ke dunia baru yang menyita banyak waktu, yang memang tadinya tidak berguna juga. Hanya diisi dengan jalan sana-sini. Akhirnya, waktu saya berguna. Dunia baru ini memaksa saya mengeluarkan segala nalar untuk cepat belajar. Positifnya, dalam kurun waktu sebulan saya sudah mulai bisa mengerti. Dunia baru ini adalah lautan bagi saya. saya yang tidak bisa berenang diajak naik perahu ke tengah laut. Lalu, saya dicemplungkan begitu saja. Untuk dapat survive, tentu saya harus berenang. Mereka tidak mengajarkan saya bagaimana caranya berenang, tapi mereka memperlihatkan keganasan laut yang biasanya saya kagumi. Bahwa saya harus bisa survive dengan cara saya sendiri. Belajar berenang sendiri. Lagi-lagi saya ambil positifnya, pada akhirnya saya mulai bisa berenang. Memang tidak mudah dan seperti yang sahabat saya bilang, “tidak semua orang bisa, bertahan”. Tapi bagi saya, sudah terlalu banyak air laut yang masuk ke dalam perut. Rasanya percuma kalau masih tidak bisa berenang juga.

Kali ini, yang saya gunakan adalah waktu. Ilmu perkuliahan, seperti payung tadi, akan digunakan pada saatnya.

Leave a Reply

