Cerdiknya CSR Penjual Pizza

Beberapa waktu lalu saya makan di sebuah restoran Pizza yang telah berdiri cukup lama di Indonesia. Lalu saya melihat flyer program CSR mereka dimana customer dapat menyumbangkan bantuan. CSR (Corporate Social Responsibility) adalah komitmen perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan komunitas melalui praktik bisnis yang baik dan mengkontribusikan sebagian sumber daya perusahaan (Kotler & Nancy, 2005,p.4)Nah, di Pizza ini, customer bisa menyumbang dengan berbelanja produk, bisa pula langsung menyumbang melalui kasir.  Dari program sumbangan sebelumnya, donasi terkumpul mulai dari customer, rekan bisnis, supplier bahkan karyawan/ti.

Memberikan bantuan kepada warga melalui program CSR merupakan suatu hal yang baik, pun sudah diatur oleh pemerintah melalui Undang Undang. Ok, this is a great programme, well doing charity is good. Ketika saya melihat flyer tersebut, otak saya, sebagai fresh graduate di jurusan Public Relations, langsung menganalisa menjadi 2 sisi:

  • Alangkah senangnya, saya, bila di pihak customer, dapat turut serta memberikan sumbangan kepada warga melalui perusahaan yang sudah jelas reputasinya. Bukan yang di bus minta-minta sumbangan untuk Masjid, yang saya tidak tahu kebenaran dan kejelasannya.
  • Alangkah pintarnya, saya, bila di pihak Pizza, dapat membuat program CSR melalui dana yang dikumpulkan oleh customer, rekan maupun karyawan. Sehingga dapat melaksanakan program CSR yang besar dan tentu reputasi Pizza saya yang bagus. Ya, karena yang terlihat nantinya adalah logo-logo Pizza saya.

Apakah yang dilakukan Pizza tersebut salah? Tentu tidak. Cerdik, malah. Tidak merugikan siapapun, tidak memanfaatkan siapapun, namun saling mendukung. Kebanyakan perusahaan enggan menjalankan program CSR karena biaya yang minim. Nah, yang dilakukan Pizza tersebut bisa menjadi trik.

Tidak kepikiran tentang ide tersebut? Itulah gunanya perusahaan memiliki seorang Public Relations, salah satunya untuk menjalankan program CSR perusahaan 🙂

One thought on “Cerdiknya CSR Penjual Pizza

Leave a Reply

