Kolot VS modern

Harusnya saya sudah ngepost betapa saya terkesima dengan konsernya The Temper Trap jumat lalu. Tapi sekarang betul-betul ga ada mood, curcol aja deh..

Saya masih heran dengan pikiran yg kolot, yg betul-betul tidak terima modernisasi. Kita tidak harus meninggalkan kebiasaan lama namun tidak ada salahnya juga menilik pandangan baru. Jika memang sesuai, boleh sedikit diterapkan. Kalau tidak, silakan dijadikan pembelajaran saja. Tak perlu ada hujatan di sana. Menurut saya, ilmu itu memang harusnya fleksibel. Rasanya sulit menerapkan ilmu yg sama dari tahun ke tahun, secara jaman kita berubah. Contoh paling mudah, sebagaimana perusahaan semakin modern menggunakan sosial media. Mungkin dulu iklan adalah tools mereka yg paling ampuh, tapi seiring berjalannya waktu sosial media lebih efisien. Perusahaan yang kolot, yang tidak mau menerima modernisasi akan setia menggunakan tools yang sama untuk produk mereka. Ya, berharap lah pada keberuntungan untuk tetap bertahan that way.

Bagaimana kita menyikapi perbedaan adalah hal yang lain lagi. Usia bukanlah jaminan seseorang dapat menerima suatu pendapat yang berbeda dengan pikiran yang netral. Butuh pembelajaran dari pengalaman, bukan kematangan usia. Ilmu yang kita punya dapat menjadi dasar dalam mengambil langkah-langkah perubahan tadi. Jadi engga yang langsung manggut-manggut dengan hal baru biar dibilang ga ketinggalan jaman aja lho…

Sepatutnya pandangan yang berbeda pun disikapi dengan santai. Kita diciptakan toh berbeda-beda setiap individunya. Jadi, kenapa harus takut dengan perbedaan? Perubahan?

As one of my best buddy said:

“Memang mengkhawatirkan, orang-orang yang mendebat tapi tanpa ilmu”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s