mengenai Eropa

Sore tadi saya berbincang dengan Bapak saya tentang banyak hal yang ujung-ujungnya membahas tentang Eropa dan UKIP (United Kingdom Independence Party) yang kata abang saya, partai politik yang menginginkan UK keluar dari bagian benua Eropa. Wah, ga pernah kebayang tuh, dulu aja jaman SD saya taunya Eropa & UK ya sama. Satu hal yg bikin saya syok, kata Bapak, Indonesia lebih baik dari negara-negara Eropa terutama Yunani dalam hal banyaknya utang dan pengeluaran negara. Seperti di UK, pemerintah memang memberikan santunan kepada mereka yang tidak mempunyai pekerjaan. Caranya mereka harus mengklaim kepada satu departemen agar bisa mencairkan dana itu setiap bulan sampai mereka bekerja lagi. UK berusaha keras bertahan, keras karena ternyata pengeluaran lebih banyak daripada pendapatan. UK memberikan fasilitas publik secara cuma-cuma ke warganya, seperti rumah sakit, yang biayanya diambil dari pajak sekitar 25% dari gaji pegawai. Nah, karena ekonominya tengah krisis, banyak perusahaan harus menekan biaya produksi, juga terpaksa mengurangi jumlah pegawai. Banyaknya pengangguran tentu mengurangi pendapatan pemerintah yang diperoleh dari pajak pegawai. Udahlah pemerintah ga dapet pemasukan, tapi tetap banyak pengeluaran karena memberikan santunan, sedangkan, pemerintah juga harus menyimpan dana untuk membayar hutang negara. Secara garis besar, itulah yang terjadi di beberapa negara di Eropa saat ini.

Indonesia, tidak terlalu mengalami krisis, sekali lagi menurut Bapak saya, karena kebanyakan industri di Indonesia adalah internal, tidak banyak mengekspor. Ya ada yang di ekspor, tapi hanya raw material yang tidak berdampak signifikan. Sri Mulyani juga diyakini Bapak saya adalah orang pintar yang telah membuat Indonesia cukup stabil dari segi pengeluaran. Saya pun melontarkan pertanyaan begini: “but there’s no corruption for billions dollar that government spent, right?”. Beliau pun tertawa dan menjawab: “of course no”. nah, mending banget kan di sana keluar juta atau milyaran dollar juga jelas buat negara dan rakyat. Di Indonesia? Sejuta juga ga jelas pergi kemana.

Saya pun menemukan alasan lain kenapa saya cinta Indonesia: There, wherever it is, people suffered to get money. But here, in Indonesia, you’d still be happy even if you only have $1 in your pocket, you could eat , drink and probably buy one cigarette.

Memang betul yah, lebih baik hujan batu di negara sendiri daripada hujan emas di negara orang.

2 thoughts on “mengenai Eropa

Leave a Reply

