The Precious Time

Pernahkah kamu memikirkan waktu? Kapan ia akan berhenti. Ketika kamu tengah nyenyak dalam buaian mimpi dan secara tiba-tiba ia membangunkanmu.

Pernahkah kamu memikirkan kembali ke suatu waktu? Pada suatu momen dimana kamu bisa mengubah hal-hal yang tidak seharusnya terjadi. Kata-kata yang tak perlu terucap. Dan keputusan yang tak harus kau buat.

Aku menghentikan nafasku. Detik ini juga. Namun detik tetap bergemericik dari jam di atas meja belajarku. Manusia diam, di tempat yang sama setiap harinya. Satu hal yang selalu hilang dari setiap manusia, waktu. Ia terus bergerak, tak menggubris lelah.

Waktu tak seperti sahabatmu, yang akan diam mendampingimu saat kau membutuhkannya, menangis bersama untuk meringankan bebanmu ataupun berbagi tawa di kala bahagia. Tak seperti Ibu mu, yang akan senantiasa menunggu mu pulang, menggapainya. Justru kamu lah yang dikejar waktu. Tak seperti Ayah mu, yang dengan senantiasa membanjirimu dengan hadiah-hadiah sepulang kerja. Waktu memberikanmu, hanya waktu. Tidak juga seperti kekasih hatimu, yang rela berlama-lama menatapmu, melakukan apa saja yang kamu minta. Waktu bergerak, kamu yang mengamatinya berlalu.

Ketika ia sudah pergi jauh meninggalkanmu, barulah kamu sadar, kamu kehilangan waktu. Ia tak pernah menoleh lagi ke arah mu untuk berjaga-jaga bila kamu butuh bantuan atau sekedar menyamakan posisi berjajaran untuk bisa mengobrol santai.

Waktu jelas berjalan, per detik. Tapi kamu, aku, kita, membiarkannya berlari per menit lalu mulai melangkah per detik.

Apa yang saja yang telah kamu lakukan dalam setiap detik langkahmu?

Advertisements

2 thoughts on “The Precious Time

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s